Dosa Ketidaktaatan, Yosua 7

akhanDalam Yosua fasal 6, kita telah melihat kemenangan luarbiasa orang Israel ke atas kota Yerikho yang megah itu. Bagaimanapun, dalam Yosua fasal 7, kita melihat satu senario yang berbeza, dimana tentera Israel telah dikalahkan oleh tentera kota Ai yang lebih sedikit jumlahnya berbanding tentera kota Yerikho. Apakah yang menyebabkan kekalahan tentera Israel terhadap kota Ai? Apakah pelajaran yang boleh kita pelajari?

1. Dosa Ketidaktaatan

Yosua 6:18
Tetapi kamu ini, jagalah dirimu terhadap barang-barang yang dikhususkan untuk dimusnahkan, supaya jangan kamu mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu setelah mengkhususkannya dan dengan demikian membawa kemusnahan atas perkemahan orang Israel dan mencelakakannya.

Yosua 7:1
Tetapi orang Israel berubah setia dengan mengambil barang-barang yang dikhususkan itu, karena Akhan bin Karmi bin Zabdi bin Zerah, dari suku Yehuda mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel.

Yosua 7:11
Orang Israel telah berbuat dosa, mereka melanggar perjanjian-Ku yang Kuperintahkan kepada mereka, mereka mengambil sesuatu dari barang-barang yang dikhususkan itu, mereka mencurinya, mereka menyembunyikannya, dan mereka menaruhnya di antara barang-barangnya.

2. Akibat Dosa Ketidaktaatan

Yosua 7:5
Sebab orang-orang Ai menewaskan kira-kira tiga puluh enam orang dari mereka; orang-orang Israel itu dikejar dari depan pintu gerbang kota itu sampai ke Syebarim dan dipukul klah di lereng. Lalu tawarlah hati bangsa itu amat sangat.

3. Hukuman Ke Atas Pelaku Dosa Ketidaktaatan

Yosua 7:24-25
Kemudian Yosua beserta seluruh Israel mengambil Akhan bin Zerah, dan perak, jubah dan emas sebatang itu, anak-anaknya yang laki-laki dan perempuan, lembunya, keledainya dan kambing dombanya, kemahnya dan segala kepunyaannya, lalu semuanya itu dibawa ke lembah Akhor. Berkatalah Yosua: “Seperti engkau mencelakakan kami, maka TUHAN pun mencelakakan engkau pada hari ini.” Lalu seluruh Israel melontari dia dengan batu, semuanya itu dibakar dengan api dan dilempari dengan batu.

Soalan Perbincangan

  1. Menurut pendapat anda, apakah fakor utama yamg membuat Akhan tidaktaat kepada perintah Tuhan, sehingga dia mencuri barang-barang khusus yang terlarang?
  2. Akhan dan keluarganya dihukum bunuh. Menurut pendapat anda, apakah tindakan gereja ke atas anggota gereja yang melakukan dosa dan tidak bertaubat? Baca Matius 18:15-17
  3. Apakah pelajaran penting yang anda pelajari dari khutbah minggu ini?

 

Disediakan oleh Bishop Melter Jiki Tais

 

Share Button

Tinggalkan Balasan